kelinci hias bandarlampung: kelinci hamil

Minggu, 02 September 2012

kelinci hamil

Menentukan Kelinci Hamil
Diketahui kelinci hamil biasanya bisa dilakukan setelah dua minggu terjadi perkawinan. Cara memeriksanya adalah dengan meraba secara pelahan perut kelinci betina menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari ke arah belakang. Jika terasa ada tunas sebesar kelereng bisa dipastikan kelinci tersebut bunting, atau kita bisa mengamatinya pola makannya apakah nafsu makannya semakin besar karena kelinci hamil makannya banyak. Namun pola makan ini agak susah menjadi tolak ukur karena kalau musim dingin kelinci yang sehat pasti makannya banyak.
Perawatan Selama Hamil
Pada masa ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan diantaranya :
  • Pakan dan minum harus selalu diperhatikan dan diusahakan tidak sampai kurang.
  • Kandang harus tenang dan jauh dari kebisingan serta sanitasi harus diperhatikan.
  • Saat Kebuntingan sudah mencapai 27 hari harus menyediakan kotak sarang yang dilengkapi dengan  jerami kering untuk tempat melahirkan.
  • Selama dua hari induk akan mencabuti bulu dari tubuhnya sendiri dan meletakanya dikotak tersebut.
  • Saat itulah indukan bersiap – siap melahirkan tepatnya pada hari ke 29 atau maksimum hari  ke 32.
  • Jangan lupa selama masa kehamilan slalu di berikan vitamin Introvit 4+ WS untuk mencegah kematian janin, abortus dan meningkatkan ketahanan tubuh anak yang dilahirkan 
Perlakuan Pasca Kelahiran
Anak kelinci lahir pada malam hari, tubuhnya merah dan tidak berbulu. tumpukan jerami dan bulu dari induknya membuat anak kelinci tidak kedinginan. Mulai umur dua hari bulu kelinci mulai tumbuh dan matanya akan terbuka pada hari kesepuluh. Umur 17 hari dan maksimum 20 hari anak kelinci mulai keluar kotak sarang untuk belajar makan sendiri, meloncat dan berlari – lari mengikuti induknya. Setelah berumur delapan minggu ( 56 hari ) anak kelinci sudah bisa disapih karena pada minggu keenam ( hari ke 42 ), ASI sudah mulai menyusut atau berkurang. Kelinci mempunyai delapan punting tapi yang berfungsi baik untuk menyusui hanya enam punting. satu hal lagi yang banyak ditanyakan kenapa kelinci tidak pernah terlihat menyusui pada pagi sampai sore hari karena kelinci menyusui anaknya pada malam hari dan pagi hari (dini hari ). dan kalau kelinci bisa bertahan lebih dari dua hari berarti kelinci tersebut disusui induknya karena kalau tidak disusui dua hari saja anak kelinci tersebut mati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar